Powered By Blogger

Selasa, 04 November 2014

Manfaat Mengkonsumsi Masakan Rendang


22 March 2014 - Kategori Blog
        
      Rendang PadangBukti kelezatan bumbu masakan negeri kita, Indonesia, salah satunya adalah tercantumnya masakan Rendang Padang sebagai salah satu dari makanan terbaik di dunia. Tak terbantahkan lagi, berdasarkan voting di facebook yang diumumkan di web CNNGo.com, pada Juli tiga tahun yang lalu, Rendang Daging menduduki peringkat no.1 dari daftar 50 makanan terlezat di dunia (World’s 50 Most Delicious Foods) di atas Nasi Goreng pada urutan kedua. Di artikel kali ini kita akan bahas manfaat dari daging sapi yang mengandungi gizi yang tinggi, dan rasa yang enak serta bermanfaat bagi tubuh manusia.
       Semua bahan makanan memiliki kandungan zat gizi tidak sama, baik jumlah maupun jenisnya. Daging sapi adalah daging hewan dengan kandungan protein paling tinggi dibanding dengan daging hewan lainnya. Menurut pernyataan Departemen Kesehatan (1981), disetiap 100 gram daging sapi mengandung kalori 207 kkcl, protein 18,8 gram, lemak 14,0 gram, calcium 11 mg, phosphor 170 mg dan besi 2,8 mg.

Manfaat daging sapi bagi tubuh manusia
       Setiap 100 gram dari daging sapi mengandung protein 18,8 gram. Sedangkan protein dari daging sapi ini disebut protein hewani yang mempunyai struktur asam amino yang mirip dengan daging manusia, yang tidak dapat dibuat oleh tubuh (essensial), susunan asam aminonya relatif lebih lengkap dan seimbang. Daya cerna protein hewani juga lebih baik jika dibanding sama protein nabati (dari tumbuh-tumbuhan). Sendakan pada tubuh makluk hidup seperti manusia, protein adalah penyusun paling besar dalam organ tubuh manusia, seperti kulit, otot, rambut, paru-paru, jantung, otak, dan lain sebagainya. Sedangkan fungsi protein yang sangat penting untuk tubuh manusia, antara lain untuk:

Pertumbuhan
Memperbaiki sel-sel yang rusak
Sebagai bahan pembentuk plasma kelenjar, hormone dan enzin
Sebagian sebagai cadangan energi, jika karbohidrat, juga sebagai sumber energi utama tidak mencukupi
Menjaga keseimbangan asam basa darah.
       Jika Anda memperhatikan anak-anak yang sering memakan bahan pangan yang mengandung protein hewani, maka akan Anda dapati anak itu terlihat tumbuh lebih cepat, serta mempunyai daya tahan tubuh yang kuat, dan memiliki otak yang cerdas dibanding dengan anak yang jarang makan makanan berprotein tinggi.


      Selain protein tersebut, manfaat dari lemak juga yang di butuhkan tubuh kita, yaitu untuk simpanan energi atau tenaga. Lemak yang ada didalam daging sapi sangat bermanfaat sebagai sumber energi padat untuk tubuh manusia, karena setiap gram lemak bisa menghasilkan energi hingga 9 kkal. Selain itu, lemak juga bermanfaat bagi tubuh manusia dalam menghemat thiamin dan protein, serta membuat rasa kenyang lebih lama.


sumber: http://www.rendangnaniko.com/blog/manfaat-mengkonsumsi-masakan-rendang/ 

1 komentar: