Powered By Blogger

Sabtu, 20 Desember 2014

5 Hidangan Terfavorit Khas Sumatra Barat

       Sumatra Barat merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang terkenal memiliki banyak hidangan khas dari daerahnya sendiri. Sebetulnya selain masakannya, Sumatra Barat juga terkenal dengan keindahan alamnya yang menarik minat kita untuk berkunjung kesana. Oleh karena hidangan khas Sumatra Barat lebih terkenal daripada keindahan alamnya, maka dibawah ini penulis akan memberikan sekilas informasi mengenai 5 hidangan khas Sumatra Barat terfavorit.

       1. Rendang
           Rendang terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan santan dan racikan bumbu khas Padang lainnya. Rendang merupakan menu wajib yang pasti ada di setiap rumah makan Padang. Kelezatan masakan ini sudah mendunia, bahkan sudah tercantum dalam daftar makanan paling enak di dunia versi CNN.

       2. Soto Padang
           Soto adalah salah satu hidangan khas Indonesia yang dapat kita jumpai hampir di seluruh penjuru Nusantara. Dari ranah Sumatra, soto Padang mungkin menjadi soto terpopuler karena kelezatannya. Soto Padang terbuat dari irisan daging sapi yang diramu dengan bumbu khas dari Padang. Daging sapi yang digunakan hanya bagian has dalamnya saja sehingga daging tetap terasa kenyal dan empuk.

        3. Dendeng Balado
            Dendeng Balado adalah hidangan dendeng yang terpopuler di Indonesia. Di rumah makan Padang, masakan ini sering disebut juga "Dendeng Batokok". Dendeng terbuat dari daging sapi yang diiris tipis kemudian dikeringkan dan digoreng sebelum ditambahkan cabai atau dalam bahasa minangnya lado.

        4. Sate Padang
            Sate Padang adalah sate yang dibuat dengan ramuan resep khusus dari Padang, Sumatra Barat. Karakteristik utamanya ialah kuah sate yang bewarna kuning kecoklatan  yang bahan utamanya adalah tepung beras kemudian dimasak dengan ramuan bumbu dan rempah dari Indonesia.

        5. Teh Talua
            Teh adalah sebuah minuman yang kenikmatannya sudah diakui di seluruh dunia. Tentunya berbeda daerah, berbeda pula penyajiannya. Nah, jika kita berbicara tentang rumah makan Padang, maka teh talua merupakan salah satu menu yang wajib ada. Teh ini cukup unik karena selain bahan yang dipergunakan untuk membuat teh pada umumnya, ada satu bahan utama dalam teh talua itu yakni penggunaan kuning telur yang dikocok dengan gula kemudian diseduh dengan teh panas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar